Rabu, 13 Juli 2016

Tips merekam musik metal

Jika kamu bergabung dalam sebuah band metal dan ingin membuat album pertamamu maka kamu harus mulai fokus. Merekam album itu tidak sama dengan bermain musik kemudian direkam. Rekaman album itu melibatkan proses mixing yang seringkali membuat para personil band frustasi terutama karena mereka minim pengetahuan mengenai komposisi lagu. Jangan khawatir dulu setelah membaca penjelasan ini.

Kamu memang akan merasa sangat frustasi ketika melakukan rekaman apalagi musik metal yang memang tergolong kompleks. Tapi, jika bisa menerapkan saran saya dibawah ini, maka proses rekaman yang akan kamu jalani tidak akan lagi membuat frustasi. Beli drum, gitar dan bass kemudian alat mixing dan ikuti tips-tips saya dibawah ini:

a. Konsisten
Salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika akan merekam musik metal adalah menjaga konsistensi permainan, yakni tempo. So, sebelum memutuskan rekaman sebaiknya pastikan seluruh anggota band sudah bisa memainkan bagiannya dengan benar dan tidak berubah-ubah temponya kendati mereka sudah dalam keadaan lelah. Tempo yang berubah-ubah juga akan menghasilkan rekaman yang berbeda-beda dan itu akan menyulitkan dalam proses mixing

b. Jangan hanya fokus pada gitar
Meskipun benar bahwa musik metal didominasi oleh suara gitar, namun ada baiknya juga kamu menyusun komposisi lagu dengan membersikan porsi lebih banyak untuk instrumen lain terutama drum. Pembagian porsi ini akan menciptakan musik metal yang lebih berenergi. Pastikan juga permainan gitar bersih karena ciri musik metal adalah permainan gitar yang apik

c. Hindari over-mengompresi segalanya
Selain membunuh dinamika musikmu over kompresi juga mengakibatkan lebih banyak kebisingan. Sehingga bukan suara khas metal yang didapat melainkan hanya suara keras yang tidak harmonis. Setelah semua dirasa sudah sesuai dengan komposisi yang telah dibuat tinggal rekam dan pindahkan ke piringan dvd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar