Rabu, 13 Juli 2016

Tips membersihkan drum

Membersihkan drum itu penting, kamu pasti tidak mau kan setelah beli drum beberapa bulan kemudian sudah harus kembali mengeluarkan uang lantaran drummu mengalami kerusakan? Merawat drum dengan baik dan benar adalah salah satu investasi besar, dengan drum yang terawat kualitas suaranya juga akan tetap terjaga. Berikut ini saya akan memberikan sedikit saran tentang perawatan drum yang baik:

a. Jangan gunakan pembersih abrasif
Salah satu hal paling penting dalam membersihkan drum adalah memastikan tidak menggunakan pembersih abrasif seperti sabun pencuci piring dan bahkan beberapa pembersih kamar mandi yang tampaknya tidak berbahaya secara permanen akan menggores finish pada drum. Saya sarankan menggunakan pembersih kaca non-amonia saja. Pastikan tidak mengandung ammonia! Amonia dapat memudarkan pewarna dalam drum dari waktu ke waktu. Atau jika ingin berhemat kita bisa membuat larutan pembersih sendiri yang terdiri dari 50% larutan cuka putih dan 50% air. Campuran ini sangat efektif membersihkan kotoran drum kamu dan tidak akan membuat drummu tergores.

b. Selalu bersihkan bagian shell drum
Senada dengan poin pertama, shell drum pun sangat sensitif terhadap pembersih abrasif dan direkomendasikan untuk juga menggunakan pembersih kaca non-amonia sebagai bahan perawatannya. Untuk merek luar negeri kalian bisa mencoba GOO GONE. Produk ini dinilai sebagai pembersih paling efektif menghapus apa saja dari shell drum kamu. Oleskan sedikit ke kain bersih dan lembut gosokkan ke area yang kotor. Goo memiliki dampak minimal pada lingkungan dan amanaman untuk digunakan pada hampir semua permukaan.

c. Jaga selalu Stand dan HARDWARE
Untuk stand meskipun cenderung lebih kuat dibanding shell dan head namun tetap sensitif sehingga perlakukannya juga harus sama dengan ketika kamu merawat head dan shell. Namun, jika terdapat beberapa kotoran membandel atau bagian logamnya ternoda gunakan saa cat krom yang biasa ditemukan di toko otomotif. Biasanya car krom efektif menghilangkan kotoran membandel yang menempel di logam.

d. Cymbal
Nah untuk masalah cymbal sebaiknya jangan terlalu banyak coba-coba ya, karena cymbal ini termasuk yang paling sensitif. Biasanya setiap produsen alat musik sudah mengeluarkan pembersih cymbal khusus. So, langsung saja datang ke gerai khusus yang sama dengan merek cymbalmu maka kamu akan mendapatkan pembersih cymbal terbaik. Mahal sedikit tidak masalah, yang penting cymbalmu selalu bersih dan terlihat baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar