Kamis, 15 Oktober 2015

Memahami Tentang Karakter Piano

Setelah menghabiskan berjam-jam selama beberapa hari untuk mencari dan membeli piano yang tepat, tentunya harus ada pelajar yang bisa kita ambil, terutama tentang karakter piano agar dikemudian hari tidak lagi mengalami kesulitan berarti ketika kembali akan membeli piano. Memilih piano berkaitan erat dengan pilihan jenis musik, sebab setiap genre musik membutuhkan jenis karakter piano yang berbeda-beda.

Misalnya kaki bulat, stand yang rumit dan warna mahogany yang mendalam terlihat lebih tepat untuk musik klasik atau jazz. Sementara piano dengan kaki persegi panjang, garis sederhana, dan warna hitam kusam sesuai dengan karakter musik blues. Dalam arti luas ini, suara piano memiliki kecenderungan yang sama dengan tampilan nya. Karakter juga dapat dikaitkan, sebagian dengan  nada. Seperti kebanyakan hal, piano buatan tangan lebih memiliki kualitas lebih tinggi dari buatan mesin.

Grand piano berukuran kecil hampir seluruhnya dibuat dengan mesin. Bentuk dan kualitas bahan tidak banyak melibatkan indera manusia. Jika kalian memiliki pendengaran tajam, kalian akan dengan mudah mengenali perbedaan suara sederhana piano manusla buatan tangan manusia dengan buatan mesin. Selain itu piano juga memiliki berbagai tingkat kecerahan, yang merupakan karakteristik nada dan agak subjektif.

Sebuah suara terang tajam (hanya timbre) dan nada mellow menandakan kekusaman. Misalnya, notes yang dimainkan pada terompet cenderung menjadi terang dan melengking dibandingkan dengan notes yang sama pada oboe. Senar baja pada gitar lebih terang dan lebih jelas daripada string nilon yang halus dan tenang. Karakter piano memiliki kompleksitas ilmiah lebih banyak dan penjelasan akustik dari apa yang dibahas di sini, tapi setidaknya artikel ini bisa menjadi panduan awal yang baik.

Perdalam lagi pengetahuan kalian tentang karakter piano maka kalian bisa menjadi seorang pemilih piano yang baik dan pandai menginvestasikan uang dalam industri musik. Ingat tujuan kalian adalah menjadi pianist ternama dengan piano yang memiliki ciri khas yang mencerminkan pribadi kalian masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar