Kamis, 15 Oktober 2015

Bagaimana Cara Memilih Piano yang Baik?

Menjadi pianist artinya kalian harus bisa juga membeli piano atau memilih piano dengan baik. Pergilah ke berbagai toko musik disekitarmu dan coba mainkan segala macam piano. Awalnya kalian akan merasa tidak bisa mengenali dengan tepat preferensinya, namuan semakin sering kalian berbincang dengan ahlinya juga penjual di toko musik kalian akan mulai merasa lebih baik tentang bagaimana memilih piano yang bagus.

Jika dirangkum setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama layout yakni dimana piano ini akan dimainkan. Untuk kebutuhan gedung besar maka yang diperlukan adalah grand piano yang mampu memberikan kilatan ditengah besarnya ruangan. Pada umumnya piano-piano jenis ini dibuat oleh perusahaan seperti Yamaha, Kawai, Young Chang, Boston, Kimball, dan Samick dan ukuran berkisar dari 4 '5 "(baby grands) untuk sekitar 6' (parlor grands/ruang tamu ).

Bahasan ini masih berkaitan dengan poin kedua selanjutnya dari hal-hal yang harus diperhatikan ketika beli piano. Kedua jenis piano yakni baby gands dan parlor grands tersebut memiliki suara terang dan jelas yang menimbulkan kesan sangat polos dan sederhana. Dengan piano ini kalian tidak akan dipersulit dengan penemuan karakter atau kepribadian permainan. Namun juga sulit sekali untuk menghasilkan dinamika yang kaya dan kompleks. Sebagai saran, jika tidak mampu membeli piano berukuran besar pilih yang ukuran medium saja. Sementara jika kalian memiliki cukup uang dan ruang pilih ukuran besar.

Piano berukuran besar sangat cocok untuk dijadikan media belajar. Pilih piano dengan ketinggian berkisar dari siku ke dagu agar dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak serta menghindarkan kalian dari resiko keuangan karena bisa dijual kembali dengan harga yang lumayan. Tapi jika yang diperlukan adalah piano untuk profesional maka grand piano berukuran besarlah yang diperlukan. Jika kalian sudah masuk tahap middle sebaiknya jangan beli piano kecil, sebaliknya persiapkan ruangan besar tersendiri yang bisa digunakan sebagai ruang bermain piano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar