Selasa, 09 Agustus 2016

Pentingnya mematentkan nama band

Ketika memikirkan band-band seperti The Rolling Stones, AC / DC, Metallica, The Ramones,?The Red Hot Chili Peppers, Aerosmith, Kiss, dan Iron Maiden logo dan merek mereka mudah sekali diidentifikasi dan sangat akrab di mata, dan kebetulan bernilai jutaan. Sebuah merek dagang berfungsi untuk mengidentifikasi dan melindungi sumber barang atau jasa, dan dapat sangat berharga dalam industri musik.

Merek dagang yang tercantum di atas bisa dibilang sebagai diidentifikasi sebagai lagu. Metallica, Iron Maiden, dan Aerosmith ketiganya sudah mematenkan nama band mereka. Sementara beberapa musisi justru mematentan namanya sendiri sepeti yang dilakukan John Lennon, Bob Dylan, dan Garth Brooks. Tipe lain dari merek dagang adalah tanda desain, yang mungkin terdiri dari kata-kata bergaya, huruf, dan atau elemen desain, seperti logo banda.

Rolling Stones misalnya memilih lidah menjulur sebagai logonya. Judul lagu dan album juga bisa dipatenkan untuk mencegah artis lain menggunakannya. Judul lagu juga mungkin dapat dilindungi, bila digunakan sehubungan dengan barang dagangan, seperti pakaian. Misalnya, Led Zeppelin kemungkinan akan memiliki klaim merek dagang jika band lain membuat T-shirt dengan kata-kata "Stairway To Heaven", karena lagu ini begitu langsung terkait dengan Led Zeppelin.

Kamu dapat menetapkan hak-hak dalam nama band tanpa merek dagang, melalui penggunaan sederhana dari nama tersebut. Tanpa merek dagang, mungkin akan ada band lain juga mengambil nama yang sama dengan kamu dan yang paling berpeluang bisa menuntut klaim adalah yang paling terkenal. Jadi, saya sarankan untuk kalian yang ingin serius berkarir dimusik sebelum memilih nama band coba googling terlebih dahulu siapa tahu sudah ada yang menggunakan nama serupa.

Jika belum ada, langsung patenkan saja untuk menghindari plagiarisme. Memang membutuhkan dana untuk mendapatkan hak paten, namun hasilnya akan sepadan. Coba sisihkan dana beli gitarmu untuk memiliki merek dagang meskipun kamu masih tergolong baru dan berlum terkenal. Karena banyak kasus memperlihatkan beberapa musisi besar juga mencontek karya-karya musisi yang belum ternama namun mereka selalu menang karena sudah memiliki hak paten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar