Selasa, 09 Agustus 2016

Lakukan Ini Jika Speaker Aktif Tidak Bersuara

Untuk lebih memahami speaker aktif alangkah lebih baiknya bila kamu membaca postingan ini. Penyebab tidak keluarnya suara dari speaker aktif bisa bermacam-macam penyebabnya, diantaranya adalah kemungkinan adanya salah satu kabel sambungan yang putus atau mungkin komponen bagian elektronika yang sudah rusak dan harus diganti. Untuk dapat mengetahui penyebab dari tidak adanya suara dari speaker maka perlu dilakukan beberapa langkah pencarian sumber masalahnya karena hanya dengan mengetahui masalahnya kita akan mudah untuk memperbaiki speaker yang tidak bersuara itu.

Pertama-tama yang akan di periksa adalah bagian power supply adalah kombinasi beberapa komponen elektronika yang memberi aliran listrik ke semua komponen yang ada di dalam rangkaian speaker aktif itu. Kemudian nyalakan speaker aktif lalu lihat apakah lampu indikator menyala dengan baik,  bila lampu indikator menyala berarti kemungkinan rangkaian power supply masih dalam keadaan bagus.

Setelah listrik bisa masuk ke rangkaian maka bagian yang dipriksa setelah power supply adalah memeriksa kabel audio adalah penghubung speaker dengan menggunakan sumbernya adalah komputer atau DVD player, bila kabel penghubung output speaker aktif dengan sumber menggunakan kabel yang ujungnya menggunakan soket RCA dan jack stereo ukuran kecil maka cobalah ganti bagian kabel tersebut dengan kabel lain tapi bila kabel penghubung tidak bisa dicabut dari sepeaker aktif maca bukalah kotak speaker lalu ganti kabel tersebut dengankabel yang sejenis, kalau speaker masih belum mengeluarkan suara maka pemeriksaan selanjutnya adalah pada kabel speaker.

Selanjutnya untuk memeriksa kabel speaker kita harus mengurutnya dari mulai pangkal kabel, mulai yang menempel pada rangkaian sampai ujung kabel yang menempel pada speaker, karena mungkin saja ada kabel speker yang putus akibat terhimpit atau digigit tikus, bila ditemukan kabel yang putus maka segeralah disambung kembali. Bila pada kabel audio ini dan kabel speaker tidak ditemukan kabel yang putus maka kita lanjutkan pemeriksaaan ke dalam kotak speaker.

2 komentar:

  1. Kenapa salon speaker saya aktif bunyi berdengung lampu led mati tapi tidak bersuara ketika diputarkan musik??, tolong saya gan

    BalasHapus
  2. Kenapa salon speaker saya aktif bunyi berdengung lampu led mati tapi tidak bersuara ketika diputarkan musik??, tolong saya gan

    BalasHapus